SOAL TPS BACAAN DAN MENULIS
Teks berikut
untuk soal no.1 sampai no.6
(1) Dewasa ini ulah manusia melakukan perusakan alam
dan sistem
lingkungan
yang menopang kehidupan semakin nyata. (2) Akibatnya, krisis lingkungan yang
terjadi dalam skala
nasional dan global, sudah sampai pada tahap yang
serius mengancam eksistensi planet bumi
tempat manusia, hewan, dan tumbuhan melangsungkan kehidupan.
(3) Salah satu indikator kerusakan lingkungan adalah adanya degradasi
lahan cukup nyata di depan mata. (4) Misalnya,
banjir tahunan yang semakin besar dan meluas, sedimentasi sungai dan danau, tanah longsor, dan
kelangkaan air, baik secara kuantitas ataupun
kualitas. (5) Polusi air dan udara, pemanasan global, perubahan iklim, kefanaan spesies tumbuhan dan hewan, serta ledakan hama dan penyakit merupakan gejala lain yang serius
mengancam penghidupan di planet bumi.
(6) Berbagai kasus kerusakan lingkungan yang terjadi dalam lingkup nasional dan global tersebut berakar dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungannya. (7) Sebagai contoh dalam lingkup lokal, misalnya
penebangan liar
dan
perusakan ekosistem
hutan yang terjadi hampir seluruh pulau Indonesia. (8) Salah satu akibat yang dirasakan oleh masyarakat
adalah banjir yang terjadi di berbagai pelosok tanah air. (9) Bahkan, di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Semarang
merupakan peristiwa rutin tiap tahun. (10) Bencana banjir sudah pasti menyebabkan berbagai korban, kesusahan, dan kerugian harta
benda, bahkan nyawa manusia.
Tabel Bencana
Banjir, Korban, dan Kerugian Provinsi
DKI
Jakarta
Tahun 2012
Kota Madya |
Total Area Terendam (Ha) |
Korban (Jiwa) |
Perkiraan Kerugian (Rp) |
|
Mengungsi |
Meninggal |
|||
Jakarta
Selatan |
1 |
8.911 |
1 |
35.000.000.000,00 |
Jakarta
Timur |
1 |
3.700 |
0 |
24.000.000.000,00 |
Jakarta
Pusat |
1 |
500 |
0 |
20.000.000.000,00 |
Jakarta
Barat |
1 |
12.500 |
2 |
85.000.000.000,00 |
Jakarta
Utara |
1 |
800 |
1 |
15.000.000.000,00 |
(Diadaptasi
dari Dinas Pemadam Kebakaran dan
Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta, 2012)
(11) Ada berbagai bentuk kerusakan lingkungan di muka bumi ini, tetapi selalu manusia
yang menjadi
penyebab utama.
(12) Peningkatan jumlah penduduk yang sangat pesat, juga telah
mengakibatkan terjadinya eksplorasi berlebihan terhadap sumber daya
alam. (13) Hal itu terlihat
pada eksplorasi hutan dan tambang yang memacu terjadinya kerusakan lingkungan dan degradasi lahan. (14) Padahal lahan dengan sumber dayanya berfungsi sebagai penyangga kehidupan
hewan, tumbuhan, dan manusia. (15) Kesalahan cara pandang
dan pemahaman manusia tentang
sistem lingkungan memunyai andil besar terhadap kerusakan lingkungan. (16) Cara pandang
demikian
telah melahirkan perilaku yang eksploitatif dan tidak bertanggung jawab terhadap kelestarian sumber
daya alam
dan lingkungan.
A. kerusakan alam dan lingkungan hidup akibat ulah manusia
B. terancamnya eksistensi planet bumi akibat krisis lingkungan
C. adanya banjir tahunan akibat kerusakan
lingkungan hidup
D. adanya krisis lingkungan dalam skala
nasional dan global
E. ledakan hama dan penyakit merupakan gejala lain
yang serius mengancam penghidupan di planet
bumi
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (6)
E. (8)
A. (11)
B. (12)
C. (13)
D. (14)
E. (15)
A. Manusia memandang alam sebagai bagian dari kehidupannya.
B. Adanya kesalahan cara pandang manusia terhadap alam.
C. Cara pandang seseorang memengaruhi perilakunya.
D.
Cara pandang manusia
terhadap alam berbeda-beda.
E. Ada berbagai bentuk kerusakan lingkungan di muka bumi ini.
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (5)
C. (6) dan (8)
D. (5) dan (8)
E. (7)
dan
(9)
Teks berikut
untuk soal no.7 sampai no.11
kompas_com2re2d12016/02:07/135500623/ Membacakan.Buku.Me ningkatkan.Kinerja.
Otak.Balita)
6. Apa simpulan isi teks tersebut?
A. Kerusakan lingkungan selalu disebabkan oleh ulah manusia.
B. Kerusakan alam dan lingkungan terjadi dalam lingkungan nasional dan global.
C. Ada banyak faktor penyebab terjadinya kerusakan alam dan lingkungan.
D. Krisis lingkungan sudah sampai mengancam eksistensi planet bumi.
E. indikator kerusakan lingkungan adalah adanya degradasi lahan cukup nyata di depan mata.
7. Apa judul yang tepat untuk teks tersebut?
A. Pengenalan
Kebiasaan Membaca sejak Dini
B. Balita dan
Kebiasaan
Mendengarkan Cerita
C. Pembiasaan Anak
dalam Mendengarkan Cerita
D. Peningkatan Kinerja Otak melalui
Membaca
E. Peran Orangtua dalam
Membacakan Cerita
8. Kalimat manakah yang TIDAK efektif dalam
Teks 2?
A. 1 dan 7
B. 2 dan 8
C. 3 dan 9
D. 4 dan 10
E. 5 dan 12
9. Bagaimana hubungan
isi antarparagraf dalam
teks 2?
A. Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1.
B. Paragraf ke-2 memerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1.
C.
Paragraf ke-2
memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas pada paragraf ke-1.
D. Paragraf ke-1 memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2.
E.
Paragraf ke-1
memaparkan hasil penelitian yang diuraikan pada paragraf ke-2.
A. Anak-anak yang belajar membaca pada usia 3 – 5 tahun akan mempercepat perkembangan
otaknya.
B. Semakin awal kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja.
C.
Anak-anak yang mulai belajar
membaca sejak
balita akan menjadi
anak-anak yang otak
kirinya lebih aktif.
D. Kebiasaan mendengarkan
cerita dan membaca sejak usia
balita berdampak positif
untuk perkembangan otak.
E. Otak kiri bertanggung jawab
terhadap proses
pemahaman arti
kata dan konsep.
A. Tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini.
B. Strategi penerapan hasil penelitian untuk pendidikan anak.
C. Faktor-faktor yang dapat mendorong anak gemar membaca.
D. Manfaat kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak.
E. Kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak.
0 Response to "SOAL TPS BACAAN DAN MENULIS"
Posting Komentar