PPT DAN NASKAH AKADEMIK PEMBELAJARAN MENDALAM
KONSEP PM
Dalam pustaka, ditemukan dua konsep tentang PM. Pertama, PM merujuk pada pembelajaran
mesin yang telah dikembangkan melalui riset sejak tahun 1940 dari tahap awal sibernetika
sampai dengan kecerdasan buatan (Peters, 2018) dan jejaring syaraf pada otak (Gillon et al.,
2019; Richards et al., 2019). Konsep kedua adalah PM yang diterapkan di Norwegia dalam
bidang pendidikan, yang berbeda dari konsep yang dikaitkan dalam ilmu komputer (Bråten
& Skeie, 2020).
Penerapan PM dalam pendidikan dibagi menjadi tiga fase. Pada fase pertama pada tahun
1970-an istilah PM dikaitkan dengan teori PM dan teori pembelajaran dangkal (Marton &
Säljö, 1976). Dalam fase ini ditemukan bahwa pengembangan kemampuan membaca teks
dengan PM (memahami makna, menghubungkan ide, dan melihat pada konteks yang lebih
luas) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dangkal (menghafal fakta yang tersurat
dalam teks tanpa pemahaman mendalam baik secara konseptual maupun kontekstual) untuk
pembelajaran jangka panjang dan pemecahan masalah.
Pada fase kedua pada tahun 1990-2000-an pemikiran bahwa belajar adalah proses aktif
membangun pengetahuan, yang dipengaruhi oleh teori konstruktivis Jean Piaget dan Lev
Vygotsky, memperkuat gagasan tentang PM. Fase ini mempopulerkan metode pembelajaran
berbasis proyek, kolaboratif, dan berbasis masalah. Dengan kebutuhan untuk menguasai
Keterampilan Abad ke-21 dan memanfaatkan teknologi, PM mulai dikaitkan dengan
pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Semua ini
juga telah diterapkan di Indonesia tetapi proses dan hasilnya masih jauh dari harapan.
Pada fase akhir dalam era modern 2010 hingga saat ini dilakukan integrasi teknologi,
teknologi pendidikan untuk mendukung PM dengan menggunakan simulasi, pembelajaran
berbasis permainan, dan pembelajaran berbasis data. Paling mutakhir, PM mencakup isu-isu
global, seperti keberlanjutan, literasi digital, dan pembelajaran sosial emosional. Singkat kata,
penerapan PM pada konteks pendidikan lebih menekankan pada pemahaman mendalam
oleh peserta didik dalam mengaplikasi pengetahuan dalam berbagai konteks.
UNDUH NASKAHNYA DI SINI
NASKAH AKADEMIK PM
UNDUH PPT NYA DI SINI
PPT DEEP LEARNING
0 Response to "PPT DAN NASKAH AKADEMIK PEMBELAJARAN MENDALAM"
Posting Komentar