PPT DAN NASKAH AKADEMIK PEMBELAJARAN MENDALAM - JAMAL PASSALOWONGI -->

PPT DAN NASKAH AKADEMIK PEMBELAJARAN MENDALAM



KONSEP PM 

Dalam pustaka, ditemukan dua konsep tentang PM. Pertama, PM merujuk pada pembelajaran

mesin yang telah dikembangkan melalui riset sejak tahun 1940 dari tahap awal sibernetika

sampai dengan kecerdasan buatan (Peters, 2018) dan jejaring syaraf pada otak (Gillon et al.,

2019; Richards et al., 2019). Konsep kedua adalah PM yang diterapkan di Norwegia dalam

bidang pendidikan, yang berbeda dari konsep yang dikaitkan dalam ilmu komputer (Bråten

& Skeie, 2020).

Penerapan PM dalam pendidikan dibagi menjadi tiga fase. Pada fase pertama pada tahun

1970-an istilah PM dikaitkan dengan teori PM dan teori pembelajaran dangkal (Marton &

Säljö, 1976). Dalam fase ini ditemukan bahwa pengembangan kemampuan membaca teks

dengan PM (memahami makna, menghubungkan ide, dan melihat pada konteks yang lebih

luas) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dangkal (menghafal fakta yang tersurat

dalam teks tanpa pemahaman mendalam baik secara konseptual maupun kontekstual) untuk

pembelajaran jangka panjang dan pemecahan masalah.

Pada fase kedua pada tahun 1990-2000-an pemikiran bahwa belajar adalah proses aktif

membangun pengetahuan, yang dipengaruhi oleh teori konstruktivis Jean Piaget dan Lev

Vygotsky, memperkuat gagasan tentang PM. Fase ini mempopulerkan metode pembelajaran

berbasis proyek, kolaboratif, dan berbasis masalah. Dengan kebutuhan untuk menguasai

Keterampilan Abad ke-21 dan memanfaatkan teknologi, PM mulai dikaitkan dengan

pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Semua ini

juga telah diterapkan di Indonesia tetapi proses dan hasilnya masih jauh dari harapan.

Pada fase akhir dalam era modern 2010 hingga saat ini dilakukan integrasi teknologi,

teknologi pendidikan untuk mendukung PM dengan menggunakan simulasi, pembelajaran

berbasis permainan, dan pembelajaran berbasis data. Paling mutakhir, PM mencakup isu-isu

global, seperti keberlanjutan, literasi digital, dan pembelajaran sosial emosional. Singkat kata,

penerapan PM pada konteks pendidikan lebih menekankan pada pemahaman mendalam

oleh peserta didik dalam mengaplikasi pengetahuan dalam berbagai konteks.

UNDUH NASKAHNYA DI SINI
NASKAH AKADEMIK PM

UNDUH PPT NYA DI SINI
PPT DEEP LEARNING

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PPT DAN NASKAH AKADEMIK PEMBELAJARAN MENDALAM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel