RUMAH BELAJAR TEMPAT BELAJAR BAGI SEMUA - JAMAL PASSALOWONGI -->

RUMAH BELAJAR TEMPAT BELAJAR BAGI SEMUA



Pemanfaatan rumah belajar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan. Di sanalah interaksi dapat dilakukan dengan memanfaatkan dunia maya sebagai kekuatan baru dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan internet sebagai wahana pembelajaran memang sudah dilakukan sejak internet mulai massif dipahami masyarakat Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir. Hanya saja bila internet dulunya digunakan sebagai bahan dan penyebaran informasi. Sekarang setelah merebak menjadi media sosial, maka fungsinya menjadi lebih hebat dalam mengolah dan menelurkan informasi. Bahkan sudah dimanfaatkan sebagai tempat berlatih bersama secara online, kelas-kelas online muncul, perdagangan online tumbuh subur, dan munculnya cita-cita baru untuk menjadi blogger dan youtuber menjadi ciri khas netizen atau warganet.
Munculnya rumah belajar, akan memberikan angin segar bagi terbentuknya budaya literasi teknologi dan informasi bagi guru, dan siswa. Guru “dipaksa” memahami teknologi rumah belajar yang telah menyiapkan fitur-fitur berupa modul online; Pengetahuan Populer; Bank Soal/Uji Kompetensi; Multimedia Interaktif; Video on Demand (VoD), dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan belajar guru. Guru juga harus mengakses informasi secara cepat dan memanfaatkan informasi itu dalam proses pembelajaran.
Gerakan rumah belajar pada akhirnya akan membuat guru berevolusi, dari guru hanya sebatas melek IT sebatas mengetik tugas, RPP, dan membuat makalah, karya tulis, dll., menjadi guru paham IT lewat perambahan yang lebih aktif di dunia maya. Guru yang tidak ikut dalam proses ini akan menjadi guru ketinggalam zaman, tertinggal dalam banyak hal, dan akhirnya “angkat tangan” menjadi guru. Hanya guru yang mampu menggunakan teknologi seperti ini yang dibutuhkan dalam menggapai rancangan pembelajaran abad ke-21.
Rumah belajar oleh Kemdikbud telah dicanangkan sebagai wadah belajar bagi semua, fitur atau kelengkapan belajar yang disiapkan beragam dengan metode pembelajaran baik secara online atau workshop-worskshop di beberapa kota. Pemanfaatan rumah belajar memiliki tiga hal pokok yaitu sebagai sumber bahan belajar, meliputi Materi Pokok; Modul Online; Pengetahuan Populer; Bank Soal/Uji Kompetensi; Multimedia Interaktif; Video on Demand (VoD), dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan belajar. Kedua sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi: antar individu pendidik, antar peserta didik, antar sekolah, berbagi ide dan pengalaman, berita, artikel dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum, serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain  rumah belajar, dan yang terakhir sebagai wahana pengembangan profesionalisme guru, meliputi mengembangkan rencana pembelajaran di template RPP, bahan ajar yang sesuai kurikulum dan media pembelajaran (gambar, video, animasi, simulasi, audio, dan presentasi). Dengan ketiga hal ini maka kualitas yang meliputi kompetensi guru dan siswa dapat meningkat dengan sendirinya.
Oleh karena itu, tampaknya pemanfaatan rumah belajar di masa yang mendatang akan menduduki peran sentral bagi perkembangan kualitas pendidikan bangsa ini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RUMAH BELAJAR TEMPAT BELAJAR BAGI SEMUA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel