Pesan Budaya sebagai Kearifan Masa Lalu - JAMAL PASSALOWONGI -->

Pesan Budaya sebagai Kearifan Masa Lalu

Sejarah selalu mengantar manusia pada tiga hal, yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Masa lalu adalah bagian yang tidak terpisahkan dari masa sekarang, begitupula masa yang akan datang sangat  terkait dengan apa yang terjadi pada masa kini. Kejadian pada masa kini, mulai dari kegiatan pembangunan, kondisi sosial-politik-ekonomi, pendidikan dan kebudayaan tercipta dari kondisi masa lalu, dengan begitu pada konteks ini masa lalu sebenarnya adalah juga masa kini yang bermetamorfosis menjadi baru, ibarat masa lalu adalah kupu-kupu yang dimulai dengan kepompong dan masa kini adalah kupu-kupu muda.
Istilah merawat masa lalu sudah mulai tenar akhir-akhir ini. Mereka yang merasa bangsa ini telah terlalu jauh meninggalkan masa lalu yang tidak semuanya harus dibuang mulai bersuara, maka lahirlah reinterpretasi budaya, kembali pada kearifan lokal atau local winsdom. 
Kearifan lokal adalah khasanah budaya masa lalu yang memiliki relevansi kuat terhadap kontekstualisasi masa kini. Hal ini dikarenakan kearifan lokal ini merupakan nilai-nilai universal yang berbicara tentang kebaikan-kebaikan universal yang dipahami manusia manapun di muka bumi ini secara sama.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pesan Budaya sebagai Kearifan Masa Lalu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel